Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Rekomendasi Game Terbaik di 2023


Era smartphone telah mengubah cara kita bermain game. Sekarang, kita tidak perlu konsol atau PC untuk menikmati game berkualitas tinggi - cukup dengan smartphone di genggaman, dunia game menjadi lebih mudah diakses. Pasar game mobile terus berkembang, dan berbagai pilihan game membuat kita kadang bingung memilih game terbaik. Jangan khawatir! Kami telah merangkum 5 game mobile terbaik yang wajib Anda coba.


1. Genshin Impact


Genshin Impact adalah sebuah game action RPG dengan elemen open-world yang dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan Tiongkok, miHoYo. Game ini pertama kali dirilis pada tanggal 28 September 2020 untuk platform Microsoft Windows, PlayStation 4, iOS, dan Android. Kemudian, versi PlayStation 5 dirilis pada 28 April 2021. Genshin Impact juga diumumkan akan dirilis untuk platform Nintendo Switch, tetapi hingga pengetahuan terakhir pada September 2021, belum ada informasi mengenai tanggal rilis pastinya.

Genshin Impact mengambil latar di dunia fantasi yang disebut Teyvat, yang terdiri dari tujuh negara, masing-masing berdasarkan mitologi dan budaya dunia nyata, seperti Tiongkok, Jepang, dan Eropa. Setiap negara memiliki elemen yang berbeda dan diatur oleh seorang dewa yang dikenal sebagai Archon. Pemain mengendalikan karakter utama yang dikenal sebagai "Traveler", yang sedang mencari saudara kembarnya yang hilang dan menjadi terlibat dalam konflik antara berbagai negara dan Archons.

Genshin Impact menggunakan model bisnis free-to-play, yang memungkinkan pemain untuk mengunduh dan memainkan game secara gratis, tetapi menawarkan pembelian dalam aplikasi berupa mata uang premium yang dapat digunakan untuk mendapatkan karakter dan senjata baru melalui sistem gacha. Genshin Impact telah meraih kesuksesan besar dalam hal popularitas dan pendapatan, memecahkan beberapa rekor dalam industri game.

Sejak peluncurannya, Genshin Impact telah menerima berbagai pembaruan dan ekspansi konten, termasuk penambahan karakter baru, senjata, cerita, dan daerah untuk dijelajahi. MiHoYo berkomitmen untuk mengembangkan dan memperluas dunia Genshin Impact dalam jangka panjang, dengan rencana untuk merilis lebih banyak daerah baru yang mewakili berbagai budaya dan mitologi di masa mendatang.


2. Call Of Duty 


Call of Duty Mobile adalah sebuah game mobile bergenre first-person shooter (FPS) yang dikembangkan oleh TiMi Studios dan diterbitkan oleh Activision. Game ini merupakan adaptasi dari seri Call of Duty yang terkenal, yang sudah ada sejak 2003 dan terkenal di konsol dan PC. Call of Duty Mobile dirilis pada tanggal 1 Oktober 2019 untuk perangkat Android dan iOS.

Game ini menghadirkan berbagai mode permainan yang populer dalam seri Call of Duty, seperti Team Deathmatch, Domination, Search & Destroy, dan Battle Royale. Call of Duty Mobile menggabungkan elemen dari berbagai judul Call of Duty yang ada, termasuk Call of Duty: Modern Warfare, Call of Duty: Black Ops, dan Call of Duty: World at War. Dalam permainan ini, pemain dapat menyesuaikan karakter, senjata, dan perlengkapan mereka serta menggunakan Killstreaks, yaitu serangkaian aksi yang dapat dilakukan setelah menghabisi musuh secara berturut-turut.

Sejak diluncurkan, Call of Duty Mobile telah menjadi salah satu game mobile yang paling populer di seluruh dunia, dengan jutaan unduhan dan basis pemain yang sangat aktif. Game ini juga mengadakan turnamen dan kompetisi e-sports, yang menarik perhatian banyak pemain dan penggemar e-sports. Call of Duty Mobile terus diperbarui dengan konten dan fitur baru, menjaga pemain tertarik dan terlibat dalam permainan ini.


3. PUBG


PUBG (PlayerUnknown's Battlegrounds) adalah sebuah game battle royale online yang dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan game Korea Selatan, Bluehole. Game ini pertama kali dirilis untuk PC pada bulan Maret 2017 dan kemudian untuk platform lain seperti Xbox dan PlayStation.

PUBG adalah game yang dimainkan oleh 100 pemain di sebuah pulau terpencil. Setiap pemain bertarung untuk bertahan hidup dan menjadi yang terakhir yang bertahan di medan perang. Pemain mengumpulkan senjata, perlengkapan, dan kendaraan untuk membantu mereka bertahan hidup dan membunuh pemain lainnya.

Sejarah dari PUBG dimulai ketika seorang desainer game bernama Brendan Greene (alias "PlayerUnknown") bekerja dengan perusahaan game Korea Selatan, Bluehole, untuk mengembangkan game battle royale online. Ide game ini berasal dari modifikasi game Arma 2 yang dibuat oleh Greene.

Pada awalnya, game ini dirilis sebagai game "Early Access" pada bulan Maret 2017 untuk PC, dan kemudian dirilis secara resmi pada bulan Desember 2017. Game ini menjadi sangat populer dan berhasil menarik jutaan pemain dari seluruh dunia.

Pada bulan September 2018, game ini dirilis untuk platform Xbox dan kemudian PlayStation pada bulan Desember 2018. Selama beberapa tahun terakhir, game ini terus diperbarui dengan konten baru, mode permainan, dan peningkatan kualitas grafis. PUBG juga menjadi game paling populer di platform mobile, dengan versi PUBG Mobile yang dirilis pada tahun 2018.


4. Among Us


Among Us adalah sebuah game daring multipemain yang dikembangkan dan diterbitkan oleh studio game Amerika Serikat bernama InnerSloth. Game ini dirilis pada 15 Juni 2018 untuk perangkat iOS dan Android, serta pada 18 Agustus 2018 untuk Windows. Among Us merupakan game yang terinspirasi dari aktivitas sosial seperti "Mafia" dan "Werewolf," yang menggabungkan elemen pemikiran kritis, teka-teki, dan komunikasi interpersonal.

Dalam Among Us, pemain dibagi menjadi dua kelompok: Kru (Crewmates) dan Impostor (Impostors). Kru bertugas menyelesaikan serangkaian tugas yang diberikan di dalam sebuah pesawat ruang angkasa, basis militer, atau bangunan lainnya, sementara Impostor bertugas menggagalkan misi Kru dengan membunuh mereka atau menyabotase area. Pemain dapat berkomunikasi satu sama lain melalui sistem obrolan dalam game untuk mendiskusikan kecurigaan dan mencoba menentukan siapa Impostor.

Sejarah Among Us bermula ketika InnerSloth, yang terdiri dari tiga orang, ingin menciptakan game multipemain dengan konsep sederhana dan mudah dipahami. Awalnya, Among Us tidak mendapatkan banyak perhatian dan hanya memiliki sedikit pemain. Namun, seiring waktu, popularitas game ini meningkat pesat, terutama pada pertengahan 2020, ketika para pembuat konten di platform seperti Twitch dan YouTube mulai memainkan dan mempromosikannya. Hal ini menyebabkan peningkatan jumlah pemain yang signifikan dan menjadikannya salah satu game paling populer di dunia pada tahun 2020.

Sejak itu, InnerSloth terus mengembangkan dan memperbarui Among Us dengan menambahkan peta baru, tugas, kostumasi, serta fitur-fitur lainnya. Popularitas game ini telah membawa perubahan besar bagi studio dan menciptakan komunitas yang sangat aktif di berbagai platform media sosial dan forum daring. Among Us telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk penghargaan "Best Multiplayer Game" dan "Mobile Game of the Year" pada The Game Awards 2020.


5. Mobile Legends


Mobile Legends: Bang Bang adalah sebuah game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) untuk perangkat mobile yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Moonton, sebuah perusahaan pengembang game asal Shanghai, China. Game ini dirilis pada 11 Juli 2016 untuk perangkat iOS dan Android. Mobile Legends menjadi sangat populer, terutama di Asia Tenggara, dan telah menarik jutaan pemain di seluruh dunia.

Dalam Mobile Legends, pemain dibagi menjadi dua tim yang terdiri dari lima anggota. Setiap tim harus bekerja sama untuk menghancurkan basis lawan sambil melindungi basis mereka sendiri. Pemain dapat memilih berbagai pahlawan dengan kemampuan unik dan peran yang berbeda, seperti Tank, Support, Mage, Marksman, Assassin, dan Fighter. Selama pertandingan, pemain juga perlu mengendalikan minion, menghancurkan menara musuh, dan mendapatkan gold serta pengalaman untuk meningkatkan kemampuan pahlawan mereka.

Sejarah Mobile Legends dimulai ketika Moonton ingin menciptakan game MOBA yang dirancang khusus untuk perangkat mobile, mengingat popularitas genre MOBA di PC. Mereka mengadaptasi konsep dasar dan mekanisme permainan dari game MOBA populer seperti League of Legends dan Dota 2, serta mengoptimalkannya untuk perangkat layar sentuh.

Sejak peluncurannya, Mobile Legends telah menjadi sangat sukses dan telah mengalami berbagai pembaruan, perluasan pahlawan, serta peningkatan grafis dan fitur gameplay. Moonton juga mengadakan turnamen eSports resmi dengan hadiah yang signifikan, yang semakin menambah popularitas game ini. Mobile Legends telah mendapat banyak pengakuan dan penghargaan, termasuk menjadi salah satu finalis Google Play Awards pada kategori "Best Breakthrough Hit" pada tahun 2017.

Posting Komentar untuk "5 Rekomendasi Game Terbaik di 2023"