Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Payment Gateway, Cara Kerja dan Rekomendasinya


Dalam era digital saat ini, transaksi online telah menjadi bagian penting dari kehidupan kita sehari-hari. Dari berbelanja di toko online hingga membayar tagihan, kita sering menggunakan sistem pembayaran online. Salah satu komponen kunci dari sistem pembayaran online ini adalah payment gateway. Dalam artikel ini, kita akan menjelaskan apa itu payment gateway, cara kerjanya, serta keuntungan dan keamanan yang ditawarkannya.

Apa Itu Payment Gateway

Payment gateway adalah layanan perantara yang menghubungkan merchant (penjual) dengan sistem pembayaran seperti kartu kredit, debit, e-wallet, dan lainnya. Layanan ini memproses data transaksi yang dikirim oleh merchant dan memastikan bahwa transaksi tersebut valid, aman, dan berhasil.


Payment gateway memiliki beberapa fungsi utama, antara lain:

  1. Mengautentikasi transaksi: memverifikasi identitas pembeli dan penjual serta memastikan keaslian kartu pembayaran yang digunakan.
  2. Enkripsi data: melindungi informasi kartu dan transaksi dengan mengenkripsi data sehingga tidak dapat diakses oleh pihak yang tidak berhak.
  3. Otorisasi transaksi: memastikan bahwa pembeli memiliki dana yang cukup untuk melakukan pembelian.
  4. Penyelesaian transaksi: mentransfer dana dari akun pembeli ke akun merchant setelah transaksi berhasil.

Cara Kerja Payment Gateway

Berikut adalah langkah-langkah dalam proses kerja payment gateway:

  1. Tahap Inisiasi: Pembeli memasukkan informasi kartu pembayaran pada situs merchant.
  2. Tahap Enkripsi: Payment gateway mengenkripsi informasi kartu dan mengirimkannya ke penerbit kartu (bank pembeli).
  3. Tahap Otorisasi: Penerbit kartu memverifikasi keaslian kartu dan ketersediaan dana pada akun pembeli. Jika semuanya sesuai, penerbit mengirimkan kode otorisasi ke payment gateway.
  4. Tahap Konfirmasi: Payment gateway meneruskan kode otorisasi ke merchant dan mengonfirmasi bahwa transaksi berhasil.
  5. Tahap Penyelesaian: Payment gateway mentransfer dana dari akun pembeli ke akun merchant, biasanya dalam waktu 1-3 hari kerja.

Keuntungan Menggunakan Payment Gateway

  1. Kemudahan Transaksi: Payment gateway memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran secara cepat dan mudah dengan berbagai metode pembayaran yang tersedia.
  2. Keamanan Data: Payment gateway menggunakan teknologi enkripsi dan standar keamanan tinggi untuk melindungi data kartu dan transaksi.
  3. Integrasi dengan Platform E-commerce: Banyak payment gateway yang dapat diintegrasikan dengan platform e-commerce populer, memudahkan penjual untuk mengelola transaksi dan melacak penjualan.


Keamanan Payment Gateway

  1. Teknologi Enkripsi: Payment gateway menggunakan teknologi enkripsi Secure Socket Layer (SSL) untuk melindungi data yang dikirimkan antara pembeli, penjual, dan pihak-pihak terkait.
  2. Standar Keamanan: Payment gateway umumnya mematuhi standar keamanan seperti Payment Card Industry Data Security Standard (PCI DSS) yang mengatur perlindungan data kartu pembayaran dan informasi pribadi pengguna.
  3. Otentikasi Dua Faktor: Beberapa payment gateway menawarkan fitur otentikasi dua faktor untuk meningkatkan keamanan saat melakukan transaksi, misalnya dengan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau email.
  4. Pencegahan Fraud: Payment gateway memiliki sistem deteksi dan pencegahan fraud yang canggih untuk melindungi transaksi dari kegiatan mencurigakan dan penipuan.

Tips Memilih Payment Gateway yang Tepat

  1. Biaya: Bandingkan biaya layanan yang ditawarkan oleh berbagai payment gateway, seperti biaya transaksi, biaya bulanan, dan biaya penarikan.
  2. Metode Pembayaran: Pastikan payment gateway mendukung metode pembayaran yang umum digunakan oleh pelanggan Anda, seperti kartu kredit, debit, e-wallet, dan transfer bank.
  3. Kecepatan Transaksi: Pertimbangkan kecepatan proses transaksi yang ditawarkan oleh payment gateway. Beberapa gateway memiliki proses yang lebih cepat daripada yang lain.
  4. Integrasi: Pastikan payment gateway dapat diintegrasikan dengan platform e-commerce atau sistem manajemen yang Anda gunakan.
  5. Dukungan Pelanggan: Pilih payment gateway dengan dukungan pelanggan yang responsif dan dapat diandalkan.

Contoh Payment Gateway di Indonesia

Di Indonesia terdapat beberapa Payment Gateway Providers yang sudah beroperasi dan digunakan sebagai media transaksi elektronik atau online.

Berikut beberapa aplikasi penyedia layanan payment gateway lengkap dengan Payment Gateway charges-nya:

1. Midtrans



Midtrans adalah sebuah perusahaan teknologi finansial (fintech) yang menyediakan layanan payment gateway untuk memudahkan proses transaksi online di Indonesia. Midtrans membantu bisnis online dalam mengelola pembayaran, mulai dari proses pembayaran, integrasi dengan berbagai metode pembayaran, hingga mengurangi risiko penipuan.

Untuk harga layanan di Midtrans, mereka memiliki beberapa paket yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Harga layanan Midtrans dapat berubah-ubah seiring waktu dan tergantung pada jenis paket yang Anda pilih. Namun, secara umum, mereka biasanya menawarkan tiga skema harga:

  1. Basic Package: Biasanya ditawarkan dengan biaya setup gratis dan tanpa biaya bulanan. Midtrans akan mengenakan biaya transaksi tertentu untuk setiap transaksi yang berhasil (misalnya 2,9% + Rp 2.000 per transaksi yang berhasil).
  2. Premium Package: Biaya setup dan biaya bulanan mungkin dikenakan, namun dengan tarif transaksi yang lebih rendah. Paket ini cocok untuk bisnis yang memiliki volume transaksi yang lebih tinggi.
  3. Custom Package: Paket ini disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan bisnis Anda dan mungkin meliputi layanan tambahan, seperti fraud detection, recurring payments, dan lainnya. Harga untuk paket ini akan bervariasi berdasarkan fitur yang Anda butuhkan.
Untuk detail harga terkini dan lebih spesifik, Anda disarankan untuk mengunjungi situs web resmi Midtrans atau menghubungi tim penjualan mereka.

2. Finpay


Finpay adalah sebuah perusahaan teknologi finansial (fintech) di Indonesia yang menyediakan layanan payment gateway dan berbagai solusi pembayaran digital untuk memudahkan proses transaksi online. Finpay membantu bisnis dalam mengelola pembayaran, integrasi dengan berbagai metode pembayaran, dan juga memberikan sistem pengelolaan risiko penipuan.

Untuk harga layanan di Finpay, mereka mungkin memiliki beberapa paket yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Namun, informasi spesifik mengenai harga layanan Finpay mungkin tidak tersedia secara umum. Harga layanan mereka dapat berubah-ubah seiring waktu dan tergantung pada jenis paket yang Anda pilih.

Beberapa skema harga yang umum dalam industri payment gateway termasuk:
  1. Basic Package: Biasanya ditawarkan dengan biaya setup gratis dan tanpa biaya bulanan. Finpay akan mengenakan biaya transaksi tertentu untuk setiap transaksi yang berhasil (misalnya 2,9% + Rp 2.000 per transaksi yang berhasil).
  2. Premium Package: Biaya setup dan biaya bulanan mungkin dikenakan, namun dengan tarif transaksi yang lebih rendah. Paket ini cocok untuk bisnis yang memiliki volume transaksi yang lebih tinggi.
  3. Custom Package: Paket ini disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan bisnis Anda dan mungkin meliputi layanan tambahan, seperti fraud detection, recurring payments, dan lainnya. Harga untuk paket ini akan bervariasi berdasarkan fitur yang Anda butuhkan.
Untuk detail harga terkini dan lebih spesifik, Anda disarankan untuk mengunjungi situs web resmi Finpay atau menghubungi tim penjualan mereka.

3. Faspay


Faspay adalah sebuah perusahaan teknologi finansial (fintech) di Indonesia yang menyediakan layanan payment gateway dan berbagai solusi pembayaran digital untuk memudahkan proses transaksi online. Faspay membantu bisnis dalam mengelola pembayaran, integrasi dengan berbagai metode pembayaran, dan juga memberikan sistem pengelolaan risiko penipuan.

Mengenai harga layanan di Faspay, informasi spesifik mungkin tidak tersedia secara umum, karena harga dan paket layanan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Harga layanan mereka dapat berubah-ubah seiring waktu dan tergantung pada jenis paket yang Anda pilih.

Beberapa skema harga yang umum dalam industri payment gateway termasuk:
  1. Basic Package: Biasanya ditawarkan dengan biaya setup gratis dan tanpa biaya bulanan. Faspay akan mengenakan biaya transaksi tertentu untuk setiap transaksi yang berhasil (misalnya 2,9% + Rp 2.000 per transaksi yang berhasil).
  2. Premium Package: Biaya setup dan biaya bulanan mungkin dikenakan, namun dengan tarif transaksi yang lebih rendah. Paket ini cocok untuk bisnis yang memiliki volume transaksi yang lebih tinggi.
  3. Custom Package: Paket ini disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan bisnis Anda dan mungkin meliputi layanan tambahan, seperti fraud detection, recurring payments, dan lainnya. Harga untuk paket ini akan bervariasi berdasarkan fitur yang Anda butuhkan.
Untuk detail harga terkini dan lebih spesifik, Anda disarankan untuk mengunjungi situs web resmi Faspay atau menghubungi tim penjualan mereka.

4. Xendit

Xendit adalah perusahaan teknologi finansial (fintech) yang berbasis di Indonesia dan menyediakan layanan payment gateway serta berbagai solusi pembayaran digital untuk memudahkan proses transaksi online. Xendit membantu bisnis dalam mengelola pembayaran, integrasi dengan berbagai metode pembayaran, serta menyediakan sistem pengelolaan risiko penipuan.

Mengenai harga layanan di Xendit, mereka memiliki beberapa paket yang disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Harga layanan mereka dapat berubah-ubah seiring waktu dan tergantung pada jenis paket yang Anda pilih. Beberapa contoh layanan dan harga yang ditawarkan Xendit (per September 2021) meliputi:

Bank Transfer (Virtual Account):

  1. BCA, BNI, Bank Mandiri, Permata: Rp 4.500 per transaksi berhasil
  2. BRI, Bank Syariah Indonesia (BSI): Rp 6.500 per transaksi berhasil
Kartu Kredit dan Kartu Debit:
  1. Visa, Mastercard, JCB: 2,95% + Rp 2.000 per transaksi berhasil
  2. American Express: 3,2% + Rp 2.000 per transaksi berhasil
E-Wallet:
  1. OVO, Dana, ShopeePay, LinkAja: 1,5% per transaksi berhasil
  2. GoPay: 2% per transaksi berhasil
Retail Outlet (Alfamart):
  1. Rp 5.000 per transaksi berhasil
QRIS:
  1. 0,7% per transaksi berhasil (hingga Rp 5.000)

Harap diingat bahwa harga di atas merupakan contoh dan dapat berubah. Untuk informasi harga terkini dan lebih spesifik, Anda disarankan untuk mengunjungi situs web resmi Xendit atau menghubungi tim penjualan mereka.

5. Tripay


Tripay adalah perusahaan teknologi finansial (fintech) di Indonesia yang menyediakan layanan payment gateway dan berbagai solusi pembayaran digital untuk memudahkan proses transaksi online. Tripay membantu bisnis dalam mengelola pembayaran, integrasi dengan berbagai metode pembayaran, dan juga memberikan sistem pengelolaan risiko penipuan.

Mengenai harga layanan di Tripay, informasi spesifik mungkin tidak tersedia secara umum, karena harga dan paket layanan biasanya disesuaikan dengan kebutuhan bisnis. Harga layanan mereka dapat berubah-ubah seiring waktu dan tergantung pada jenis paket yang Anda pilih.

Beberapa skema harga yang umum dalam industri payment gateway termasuk:
  1. Basic Package: Biasanya ditawarkan dengan biaya setup gratis dan tanpa biaya bulanan. Tripay akan mengenakan biaya transaksi tertentu untuk setiap transaksi yang berhasil (misalnya 2,9% + Rp 2.000 per transaksi yang berhasil).
  2. Premium Package: Biaya setup dan biaya bulanan mungkin dikenakan, namun dengan tarif transaksi yang lebih rendah. Paket ini cocok untuk bisnis yang memiliki volume transaksi yang lebih tinggi.
  3. Custom Package: Paket ini disesuaikan sepenuhnya dengan kebutuhan bisnis Anda dan mungkin meliputi layanan tambahan, seperti fraud detection, recurring payments, dan lainnya. Harga untuk paket ini akan bervariasi berdasarkan fitur yang Anda butuhkan.
Untuk detail harga terkini dan lebih spesifik, Anda disarankan untuk mengunjungi situs web resmi Tripay atau menghubungi tim penjualan mereka.


Payment gateway adalah layanan penting dalam sistem pembayaran online yang memungkinkan transaksi cepat, aman, dan mudah antara pembeli dan penjual. Dengan memahami cara kerja payment gateway, Anda dapat memanfaatkan teknologi ini untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan transaksi online. Memilih payment gateway yang tepat untuk bisnis Anda adalah langkah penting untuk menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan bagi pelanggan dan mengoptimalkan penjualan.

Posting Komentar untuk "Apa Itu Payment Gateway, Cara Kerja dan Rekomendasinya"